Halaman

Jumat, 01 Juli 2011

Gedung Cor Jesu Malang

Seperti yang kita ketahui, gedung cor jesu Malang merupakan salah satu gedung yang memiliki nilai arsitektur dan sejarah yang tinggi. Selain sebagai saksi bisu zaman penjajahan di kota Malang, gedung ini juga merupakan hasil karya arsitektur kolonial yang sangat berharga.

Pertama kali saya masuk melewati gerbang gedung yang sangat megah ini sebagai siswa baru di SMAK Cor Jesu, sekaligus juga asramawati baru di Asrama Putri ini, saya sudah bisa melihat banyaknya ciri khas dalam setiap sentuhan arsitekturnya. misalnya seperti bentuk jendela dan pintu yang berukuran besar dan memiliki bentuk yang khas dengan arsitektur kolonial. hal ini juga dapat kita lihat pada tekstur yang di terapkan pada dinding, juga bentuk atap yang sangat khas, yaitu atap yang sangat tinggi.

semua hal yang saya lihat dari depan sangatlah memukau. apalagi saat ini, gedung ini sudah dilakukan renovasi, sehingga gedung ini sudah mengalami perubahan sedikit demi sedikit, yang menjadikannya sebagai arsitektur kolonial-modern.




Bangunan ini sepatutnya dapat kita contoh dalam penerapan pembangunan di negara ini, selain memiliki ketahanan akan gempa, juga memiliki keindahan tersendiri yang jarang kita temui dalam pembangunan gedung-gedung saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar